There are so many aspect that we always hear in everyday life. One of
them is politic. Can we just stop talk about that? Yes. We have to stop talking
about that and just ‘do it’.
Sekarang yang gue mau bicarakan adalah, oke terlalu jauh.
Gue mulai dari........
1) Sebenernya lu sadar gak dimana lu lahir?
2) Fasilitas
atau asupan apa yang selama ini lu peroleh? Dari mana?
3) Sehari-hari
lu melakukan sesuatu untuk apa?
4) Pengaruh
apa yang terjadi akibat perilaku lu setiap harinya?
5) Siapa
pihak yang diuntungkan dan dirugikan akibat perilaku lu sebagai seseorang yang
jelas sekarang punya status? (contoh gue pelajar, siapa yang untung siapa rugi
dengan gue sebagai pelajar?)
6) Gue bingung mau nanya apa lagi karena banyak
juga ternyata pertanyaan pretel-pretel kayak gitu yang terlintas aja di otak
gue-_-
I’m not trying to give you a lecture, jangan pernah mikir gue adalah
orang yang sok mikir. Gue cuma PENASARAN. Inget ya garis bawahin. PENASARAN.
Dari pertanyaan yang gue point-point-in di atas, jujur ya. Gue aja
belum bisa menjawab itu sepenuhnya.
Mulai dari nomer satu
Lahir di mana?
Jakarta, Indonesia. Indonesia? Oh.......sebatas itu?
Terkadang gue sering bersifat masabodo dan gak mikir-mikir tentang itu.
Terkadang sebenernya gue juga punya tanggung jawab karena gue numpang disini. Terkadang
pada kenyataannya gue hanya mikir tentang diri gue sendiri dan lupa sama
tanggung jawab gue.
Soal nomer satu aja jawabannya gantung
Nomer dua
Fasilitas? Dari mana? Nah ini nih yang gue sedih banget saat tau bukan
sekedar cerita tapi emang beneran ini adanya. Saat lu ngerasa ‘yaaa cukup-cukup
aja sih hidup gue’. Gimana ya, terkadang orang merasa dirinya mandiri, padahal
sebenernya.......... lu punya utang loh. Fasilitas yang lu pake itu jadi utang.
Hal-hal yang lo nikmati sekarang, lu pikir lunas? Utang. Istilah utang ‘negara’,
haduh capek sih, tapi sedih saat itu menjadi beban lu juga ‘sebenernya’. Kenapa
gue harus nanya dari mana fasilitas itu? Gue rasa semua orang pinter jadi paham
soal impor dan lalalala. Banyak barang yang lu pake di impor dengan harga
muahal padahal yang buat ya ‘keluarga sama temen-temen lu’ juga.
Sekarang selama ini apa yang lu peroleh? Sebatas kenikmatan buat diri
sendiri kah? Ya gue sih gak muna kalo jawaban gue itu. Gue gak pernah mikirin
di balik kenikmatan yang gue rasakan sebenernya ada pihak yang lagi
panik-paniknya menangani perekonomian negara cuma buat ngebahagiain gue.
Nomer tiga
Sehari-hari gue melakukan sesuatu untuk apa? Sesuatu disini gue ganti
jadi ‘belajar’ karena gue pelajar. Sehari-hari belajar untuk............pinter?
trus sukses? Yang bahagia lu sama keluarga lu. Emang bener itu tujuannya. Tapi pernah
denger gak ada yang bilang ‘makanya generasi sekarang harus pinter untuk majuin
negaranya ’. gue pernah denger malah sering denger pernyataan kayak gitu. Gue
pribadi cenderung menepis dan ‘yaelah’.
Sekarang gue pribadi melakukan sesuatu hanya untuk gue sendiri
disamping negara membuat sekolah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang
bisa memajukan ‘negara’. Sebenernya prinsip ini bisa gue satuin dengan cara “gue
harus menyukseskan diri gue jadi negara bisa bangga punya manusia kayak gue”. Clear.
Tapi........(sorry ya tapi mulu) iya kalo orang itu mau bawa nama negaranya,
kalo gak?
Nomer empat
Pengaruh perilaku gue sebagai pelajar. Hafftt bingung nih kalo yang
ini. Jujur gue merasa belum bisa memberi pengaruh yang besar. Baru sebatas
keluarga, sekolah, teman. Yang bisa gue usahakan saat ini adalah ngebanggain
orang tua, yagak? Sebagai anak 16 tahun sih ya masih kesitu pasti. Tapi kedepan,
apa lu mampu memberi pengaruh ‘positif’ buat tempat yang lu tumpangi ini? Kalo lu
bisa, dari keluarga sampe temen juga secara gak langsung lu udah ngebanggain
mereka. Kalo-bisa.
Nomer lima
Siapa yang untung siapa yang rugi gue jadi pelajar. Yang rugi? BANYAK, salah
satunya mak bapak rugi bandar yakan. Fulus buat ngehidupin lu dan makanan buat
otak lu itu. Untung? Gue merasa belum bisa menguntungkan suatu pihak. Gue belum
produktif dan emang masih disuapin, karena gue dibawah naungan sekolah.
Dari 5 hal itu, kedengerannya gue menyalahkan diri gue (terus). Ya menurut
lu aja sih. Gue merasa tinggal disini cuma kayak ‘numpang’ di banding ‘ini
rumah gue’. Sebenernya gue akui kalo ‘kita’ itu gak solid. Beban cuma dipikul
beberapa pihak. Lu tau kan ekonomi kita kayak apa? Kalo sebenernya ekonomi itu
memang punya sistemnya sendiri, tapi apa artinya kalo gak ada politik
dibelakangnya? Gue kaget waktu pertama kali denger tentang detail utang negara.
Proses yang terjadi, awalnya gimana, sampe akhirnya gimana. Gue jadi ngerasa “ini
beban gue juga” walaupun kalo lu pikir-pikir gue gak punya campur tangan
langsung sama yang namanya sistem.
Mau coba ngubah? Yaelah belagu lu masih kecil juga.
Gue ambil contoh. 1% gak suka buang sampah sembarangan, tapi kok tetep
banjir? Tau kenapa? Karena 99% masih membuang sampah sembarangan. Kata bokap
gue kalo semua orang berfikir seperti si 1%, kemajuannya pasti signifikan. Sayangnya,
kenyataannya adalah yang tadi, 1% hanyalah sia-sia.
Sama dengan politik yang berlaku secara tidak langsung di tempat ini. Mau
lu berusaha menjadi 1% lu akan tetep SALAH karena yang berlaku didalam politik
itu adalah yang 99% yang cuma mikirin buang sampah dimana aja ‘suka-suka gue’.
Itu mindset yang ada sekarang. Hopeless kah?
Oya, gue ingetin ya. Gue ini gak nasionalis. Sering lupa sama negara
sendiri. Sering lupa maksud dan fungsi gue berada disini.
Gue tau emang hopeless. Segak nasionalisnya gue tapi gue sedih. Gue egois
karena gue gak mau kayak ‘gini’.
Namun......
Balik lagi sama jawaban untuk pertanyaan nomer tiga kalimat terakhir. “masih
mau bawa nama negara lu gak?” iya apa tidak?
No comments:
Post a Comment