Ah, kalo bahas ini mah gak bakal selesai.
Tapi gak ada salahnya kalau gue ngasih soal isian sebelum
ngebahas tentang ini.
Definisi temen itu............
Jawaban lu pasti macem-macem.
Gue pribadi ya, temen itu adalah orang yang ada buat lu karena
kesamaan kebutuhan, selera, dan lingkungan. Cetek banget sih emang, tapi
jawaban gue gak salah lah ya setidaknya.
Goal gue itu adalah punya banyak temen, gak milih-milih
temen, dan menjadi teman yang membuat teman-temannya seneng. Prinsip itu gue
pegang sampe sekarang.
Tapi apa kalo lu sadar terkadang sebenernya dibenak lu itu
arti kata ‘temen’ sendiri punya kasta yang
berbeda-beda? Sekarang gini, lu disekolah punya temen main kan? Misalnya temen
sebangku lah. Dia yang biasanya nemenin lu jajan, belajar bareng, ketawa-ketawa
dikelas bareng, curhat-curhat mungkin dan sebagainya. Orang itu lu sebut temen
kan pasti?
Trus kalo dia temen lu, apa bedanya dengan orang yang lu
setiap hari ketemu dan papasan di koridor, yang lu cuma sebatas say “hai” tapi
lu juga menyebut dia temen?
Padahal kalo lu pikir temen sebangku lu itu punya kasta
lebih tinggi dari pada yang cuma say hai tapi lu memanggil mereka dengan
panggilan yang sama. “teman”.
Terkadang hal itu sedikit tidak adil buat gue. Berlebihan sih.
Tapi makin kesini gue makin ngerasa sedikit ‘muak’. Kenapa? Karena hampir semua
hal ada tanda kutipnya, means formalitas.
Temen? Gue akui kalo makin kesini makin banyak pertemanan
yang sebatas sebagai formalitas aja. Banyak pertemanan yang lo bilang temen
tapi tulus aja kagak. Gue gak hanya menyalahkan orang lain aja untuk case ini. Tapi
gue sendiri juga begitu.
Jujur di masa SMA ini gue banyak menumukan jawaban yang
lebih spesifik tentang hal sepele yang gue kira ‘gitu-gitu’ aja. sebenernya
semua berjalan normal, hanya saja
jawabannya sedikit demi sedikit mulai terungkap.
Balik lagi sama prinsip gue yang mau punya banyak temen. See?
Kalo gue merasa gue adalah orang yang paling ramah dan open itu salah. Itu cuma
cover. Just you know bukan gue gak suka. Gue seneng. Tapi gue merasa kalo
dengan prinsip itu sebenernya gue egois.
Gue menyalahkan diri gue secara langsung maupun gak
langsung. Kenapa? Gue merasa punya temen di sana-sini dan fokus gue pun
terpecah. Gue sedih loh sebenernya saat gue tau temen gue kesel sama gue yang
suka ninggalin dia karena gue kira ‘dia sedang tidak butuh gue’. Padahal statement
yang sesungguhnya adalah ‘gue yang lagi mau sendirian aja’.
Sadar sesadar sadarnya kalo sebenernya hal itu berjalan udah
dari awal gue menjalankan sebuah pertemanan. Cuma bedanya saat ini gue hanya
mengubah ‘sudut padang’. Yang biasanya gue bilang “dia gini gini gini gini”,
tapi sekarang lebih ke “emang guenya yang gini gini gini gini”.
Anyway gue minta maaf yang sebesar-besarnya buat temen gue
yang mungkin lo berfikir selama ini gue berteman hanya karena formalitas. Gak munafik
kalo dimata gue emang ada kasta teman ‘sebenarnya’ dan teman ‘formalitas’. Jahat
gak sih? Kasar kan? Makanya gue minta maaf.
Dan gue berterima kasih sama teman-teman gue karena tanpa
kalian, gue bukan apa-apa. Makasih juga buat kalian yang mau mengerti gue yang
sebenernya, mau ngerti gue yang aneh ini, yang freak, tijel (tidak jelas), dan
sebagainya.
Gue menulis ini untuk mengungkapkan kekurangan gue dibalik bercandaan
gue yang bisa bikin kalian ketawa ataupun kesel karena gue jayus sampe akhirnya
lu ketawa-ketawa juga.
“Keep laughing and keep smiling in front of me and make sure
that you're alright because you make me feel that life is for not to being
alone.”
Sincerely,
私 (Watashi)
No comments:
Post a Comment