sekarang tahun............................? 2014.
trus apa hubungannya ya?-__-
yaaa sebenernya gue cuma mau mengingatkan kalo sekarang udah 2014, umur gue nambah, umur orang nambah, umur semua hal nambah. yang gak ngerti jadi ngerti. yang ngerti jadi makin ngerti. ada yang ngerti jadi gak ngerti (???~)
sekarang gue mau ngomongin yang ijo-ijo. DO-IT!
a.k.a duit (jayus)
semua orang semua individu semua makhluk hidup punya yang namanya kewajiban.
kewajiban = sesuatu yang harus dilakukan or wajiblah pokoknya.
tapi sekarang...............entah gue mulai mengerti, atau mulai salah pemahaman, gue juga gatau.
kalau ternyata kewajiban setara dengan duit.
hadedeeehhhhh..........-_-
kenapa bisa?
gue punya contoh kecil.
akhir-akhir ini gue dapet tugas kelompok dari sekolah. setiap kelompok terdiri dari beberapa individu yang punya kewajiban masing-masing dalam menyelesaikan tugas.
tapi ternyata karena deadline yang super cepettt, jadinya kalo pake acara koordinir dan alalallal yang ada selesai tapi nga-ret. jadi gue memutuskan untuk nyelesain sendiri aja walaupun nama temen gue juga gue bawa.
gue gak keberatan sama sekali. menurut gue sih yaudah lah, toh juga nilainya juga buat gue.
pas itu, gue dapet tugas bikin video. yah emang 80% gue yang nyelesein sampe edit dan lalalal.
sampe begadang, sampe tepar, sampe udah kayak orang gak punya kehidupan lagi.
temen sekelompok gue yang lain yang prihatin liat gue langsung dengan spontan berbincang-bincang 'eh bayar tuh si della, dia udah nyelesein tugasnya sampe kayak gitu'.
welllllllllllllll, gue pas denger itu langsung "ngik?". menurut gue itu bukan hal biasa. yang kata gue bilang tadi, kewajiban setara sama duit? beneran tuh? maksud gue, gue berkelompok dengan 7 orang, 1 yang kerja sampe udah kayak mau itam, dan 6nya santai aja dan tinggal 'bayar' tanpa mengeluarkan tenaga. yaaa it's ok lah rugi financial. tapi itu kan juga bukan duit lo-_-, duit mak bapak lo-_- berarti sama aja gue nyelesein tugas gue sama mak bapak lu dong?-_-
yaaah karena pikirin gue yang malah meleset kemana-mana, gue to the point bilang 'tidak terima kasih'. karena sampe sekarang pun gue masih bingung esensi mendapat bayaran dari tugas yang harusnya di pikul bareng-bareng itu apa. jadiii, gue tidak mau menerima hal yang menurut gue gak wajar, sebelum ada yang menyadarkan gue kalo itu wajar.
trus gue juga ada tugas bikin makalah. yaaa kelompok dan deadline. jadi gue ngerjain sendiri lagi, gak pake banyak cingcong. setelah temen sekelompok gue tau, dia bilang 'gue bayar deh dell' (btw ini temen kelompok gue beda ya sama yang tadi). yaaaa gue langsung bilang dong 'yelah selo'. padahal sih dibalik gue ngomong slow slow itu gue lagi banyak mikir + nanya soal kenapa harus duit yang dijadikan penyetaraan-_-
but it's different with calo. contoh, temen gue remed tik. ngerjain portofolio super banyak. tapi dia mager. jadi dia nyuruh gue ngerjain trus dia bayar. udah deh beres.
trussss apa bedanyaaa?!
ya! sekarang gue baru menemukan jawaban yang bener-bener jawaban.
selama gue jadi calo buat remed temen gue, gue mau-mau aja ngerjain dan dibayar. tapi yang temen kelompok kenapa gak mau? padahal yang remed sama yang tugas kelompok bunyinya sama-sama kewajiban.
tapi..............
ternyata gue menolak karena batin.
selama gue mengerjakan tugas kelompok. gue mau aja ngerjain tapi mikir juga 'kenapa gue ya?', tapi ternyata ada alasan yang lebih kuat lagi...............'ini tugas kelompok, di dalem kelompok ada guenya, jadi ini tugas gue'.
berarti gue ngerjain kewajiban antara ikhlas dan batin kah kalo begitu? ya.
tapi karena ada kata batin yang gue bilang. mau apapun alasannya...........
ada 2 hal disini.
"Kewajiban setara dengan duit." tapi "Duit tidak akan pernah setara dengan batin."
No comments:
Post a Comment