1) mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata
2) menganggap atau yakin bahwa sesuatu itu benar-benar ada
3) menganggap atau yakin bahwa seseorang itu jujur
4) yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu
semua yang kalian liat di atas itu beberapa definisi 'percaya'
percaya-yakin
bicara soal percaya. sebenernya gue orang yang tidak mudah percaya
entahlah...
lebih ke arah gue tidak percaya dengan hal yang mulai menjurus
maksud gue di sini, contoh
gue bertemen, ya temenan aja
gue gak sembarang menyebut orang adalah 'sahabat'
sahabat gue dikit kok
begitu pula dalam aspek 'suka'
gue gak gampang suka sama lawan jenis
gue gak percaya
gak mau percaya
bukan berarti mereka yang laki-laki itu buruk
hanya saja ini bentuk perlindungan diri gue
yaaa intinya
gue gak mau percaya dengan mudahnya akan sesuatu
demi melindungi diri gue
hal-hal yang gue sebut di atas bukan berarti gue tidak pernah percaya
pernah kok
ya karena percaya itu
ternyata gue salah
gue jatoh
begitu pula dalam hal pekerjaan, gue lebih suka meyakinkan/membuat percaya diri gue kalo gue bisa ngelakuin itu, apalagi kalo itu udah jadi bidang gue
bagi gue untuk memberikan 'cap' percaya untuk semua hal itu sulit
gak semua, malah hampir gak ada hal yang bisa gue kasih cap percaya
kecuali Tuhan
obvious kalo itu gue percaya, Dia pasti ada
tapi bicara soal duniawi
orang/manusia/benda-hidup yang paling pantes gue kasih kata percaya
ya gue sendiri
anehnya gue bingung disaat gue berusaha untuk percaya pada diri gue, ada orang yang menghindari dirinya untuk percaya sama dirinya sendiri
satu hal yang mau gue kasih tau, terutama buat kakak gue
hal yang sedang lu alami itu adalah
'kehilangan percaya akan diri sendiri'
gue capek denger lu ngeluh terus
lu bilang semua orang berkarya
lu bilang mereka semua selalu nge-upload karya yang bagus-bagus
dan lu bilang kalo lu tidak ada progress karena lu gak pernah nge-upload karya sampe akhirnya orang-orang gak ada yang tau seberapa bagus karya lu
"gue harus apa dooooooonnngg??? temen gue nge-upload karya terus, sedangkan gue gak ngapa-ngapain."
"mereka semua progress, kayaknya gue useless banget."
"nanti kayak waktu itu, semua kerjaan gue diambil temen gue dan gue gak dapet apa-apa."
lu selalu nanya ke gue kalo "GUE HARUS NGAPAIN?"
yang tau itu lu
gue berkali-kali ngasih tau tapi jawaban lu akan selalu "karena lu belom pernah ngerasain rasanya gagal terus-terusan dan yang untung temen-temen di sekitar lu."
trus gue juga harus ngapain?
semua udah salah di mindset lu
kerusakan lu yang gue rasa nyata adalah ketika lu liat karya orang, lu merasa mundur selangkah
entah ya sebenernya lu bisa mengarahkan itu ke 2 hal
MINDER atau TERMOTIVASI
dan yang gue bingung lu malah milih yang pertama.
mungkin lu kira gue pendengar yang baik sampe akhirnya gue muak sama semua keluhan lu
gue tekankan lagi kalo lu harus ubah mindset lu GIMANA PUN CARANYA
i know you can do it
dan lu harus PERCAYA DIRI SENDIRI karena cuma "diri sendiri" orang yang paling bisa dan patut dipercaya
kayak apa yang gue bilang tadi kalau gue lebih suka meyakinkan/membuat percaya diri gue kalo gue bisa ngelakuin itu, apalagi kalo itu udah jadi bidang gue.
jadi apa yang perlu ditakutkan kalo itu udah jadi bidang, bagian dari keseharian lu, bahkan sudah menjadi bagian dari diri lu?
lu sendiri yang bilang mau jadi designer dan membuat karya yang bagus. JANGAN TARIK LAGI KATA-KATA LOO
biar gue kasih tau ke orang-orang seberapa hebat kakak gue sebenarnya
all the pictures above are original from vinny asrita rahma's beautiful hands and soul.
cool isn't she?
remember,
all those are interesting, attractive, precious, worth, and authentic
don't ever stop for being the inspiration
-Della-










No comments:
Post a Comment