Tanggung jawab.
i guarantee anyone can do anything if 'responsible' word is inside their heart.
gue rasa selama ini satu kata yang selalu membuat gue mendobrak segala tembok-tembok yang ada dihadapan gue itu ya tanggung jawab. ketika banyak banget hal-hal yang menakutkan di luar sana dan banyak juga yang nakut-nakutin.
ya persetan banget sih. sekali sesuatu itu jadi tanggung jawab buat gue, gue gak takut. gue gak takut sama pikiran maupun omongan orang yang seakan menjurus kepada "emang lo bisa, del?".
hft......sebelumnya mau ngucapin ==> selamat berkenalan kembali dengan diri gue. hari ini bukan hari yang panjang buat gue. tapi yaa lumayan buat belajar. know something? perkenalan itu bukan cuma diawal ternyata. everyday is introduction. aneh ya? bodo.
well, tau iklan rokok? yang kalo iklannya suka ada di pinggir jalan atau di tv gitu misal orang telat kerja terus lari entah dari mana dan akhirnya dia sampe ke kantor dalam keadaan senyum. atau ada lagi iklan rokok yang mau ngasih kejutan buat ceweknya terus dia lariiiiii gitu ke toko apaa buat ngasih present terus tiba-tiba dia balik dengan secepat kilat terus cowoknya senyum cool gitu dan muncul 'pria punya selera'.
kadang impossible gitu ya keliatannya. kayak 'elah kurang kerjaan lo nyet'. tapi ternyata...........gak woi. sama sekali gak mustahil. gue gak tau si director ini sebenernya mau menyampaikan apa dari iklan dengan jenis storyboard seperti itu. tapi kok gue malah mentranslate ke arah 'itu tanggung jawab', makanya dia bisa lari dari ujung ke ujung tanpa berenti buat dapetin sesuatu.
mungkin juga kadang iklan kayak gitu cuma ngena buat kaum adam aja kali ya. karena iklan gitu lebih condong ke arah cowok gentle. tapi ternyata bukan suatu hal yang gak mungkin buat cewek ngelakuin hal itu juga. although you're wearing a skirt and flatshoes sekali pun, itu bukan alasan.
hari ini gue melakukan hal goblok. bukan gue sih. tapi bareng-bareng. but back again, kenapa orang cuma ngerecognize gue ya? salah bareng-bareng berubah jadi salah gue doang. bodo. kalo cuma bilang maaf doang gak guna. kalo orang itu udah kesel mah kesel aja. ditambah orang-orang banyak banget yang nakut-nakutin gue seakan gue tidak bisa 'mengembalikan' seperti semula. kadang di situasi seperti itu, kalo boleh gue evaluasi, gue melakukan kesalahan karena kesalahan orang lain terlebih dahulu, makanya gue jadi salah. tapi percuma kalo mau evaluasi di saat mepet.
ketika gue tanpa berpikir panjang dan langsung melakukan 'action', adaaa aja orang yang nanyain, "serius lo bisa?". menurut lo? terus mau lu gue ngapain?-_- kalo gue diem aja, tar dendam. giliran gue gerak, malah ragu. saat itu gue gak peduli sama pertanyaan-pertanyaan ragu kayak gitu. dan pahit banget gue lagi pake rok dan flatshoes.
let me tell you, gue sprint dari SMAN 70 ke BLOK M PLAZA bolak-balik, gak berenti, untuk mendapatkan sesuatu supaya 'kembali seperti semula'. pas di sekolah, entah apa yang ada dipikiran gue tapi karena gue gak punya uang, gue langsung meneror temen gue untuk minjem uang. untung dia baik dan langsung ngasih tanpa gue memberi alasan duit itu untuk apa. sorry yaaa. dan gak sampe di situ. sayang gue gak punya kendaraan. yang akhirnya gue cuma bisa bertumpu pada kaki gue. gue lari dan gak peduli rok gue keangkat-angkat, selutut sih. ketika sampe di sana. gue baru inget harusnya blok m plaza belom buka pagi-pagi. gue cuma bisa bertanya dan bertanya sama satpam-satpam di situ. mereka baik. alhamdulillah Allah ngasih jalan. apa yang gue butuhin ternyata ada di sebuah market yang ternyata udah bukaaa!!!!!! di saat toko-toko lain belom ada yang buka. tapi karena pintu utama belom di buka, alhasil gue disuruh lewat parkiran. muterrrrrrr.........dan makin jauh. gue cuma bisa lari sumpah.
pertama kali gue liat harga barang yang gue butuhin ternyata nominalnya di atas duit yang gue bawa. gue udah hopeless banget. untung gue obrak-abrik dan dapet yang harganya pas sama kantong gue. gak pake lama dan gue langsung caw ke kasir. "bang agak cepet ya", mungkin karena gue super gece si abangnya jadi ikutan cepet dan "ya ya sebentar ya", dan dia ngetik barcodenya cepet banget gitu coy. saking gak mau buang waktunya gue sampe gak minta kembalian dan langsung lari lagi. DAN.....gue sempet salah jalan #dodol. tapi akhirnya gue berhasil kembali ke jalan yang benar dan keluar dari blok m plaza yang udah kayak labirin.
harusnya sih gue capek, harusnya sih gue berenti di tengah jalan. tapi ternyata diri gue tidak mengizinkan hal itu.
ketika gue terus berlari dan sampe di 70 dengan sesuatu di tangan gue, that person yang nanyain 'serius lo bisa' pun heran gue dapetin barang yang dibutuhkan itu dari mana. i can't answer it. guenya udah nahan ngos-ngosan gue supaya gak kedengeran. gak lama-lama gue langsung memberikan benda yang tadi jadi masalah itu ke orang yang bete karena 'kegoblokan gue'. i smiled and said sorry without a voice but expression. gue beneran senyum dengan ikhlas karena pencapaian gue. padahal dia udah bete banget sama gue tadinya. tapi ternyata i can fix it, right?
banyak pertanyaan lalu lalang dan gue gak bisa jawab. gue langsung ambil botol minum gue, minum, dan ke kamar mandi. tau gue ngapain? di situ gue baru mengeluarkan dan menarik nafas gue sekenceng-kencengnya alias ngos-ngosan sampe keluar gitu suara kayak orang dicekek. keringetan gue udah kayak mandi. sebisa mungkin gue gak mau keliatan capek. ketika gue keluar, ankle gue........sial dia kambuh. gue pun duduk di koridor dan cuma bisa ngademin badan aja gitu.
udah deh.
gak penting ya. abis gimana, di otak gue terlintas kalo gue mirip sama yang di iklan-iklan rokok itu. terus gue mikir, "apa jangan-jangan di balik layar, si aktornya juga ngos-ngosan kayak gue tapi gak di shoot?", hahahaha. tapi apa yang ada di iklan itu ketika dia abis lari dan senyum itu ternyata beneran itu adanyaa!!
dan gue jadi yakin sesuatu kalo kalimat "Allah pasti kasih jalan" itu emang ada. hal-hal yang orang pikir gak mungkin, gak bisa, bahkan lo sendiri pun juga mungkin mikir gak bisa.
semua itu bisa dilakukan selagi merasakan tanggung jawab.
No comments:
Post a Comment