Wednesday, April 1, 2015

secarik kertas dari sono

senin kemaren kan ceritanya gue udah selesai ujian sekolah tuh. adalah perasaan kayak gue enek gitu ujian mulu. pengen jalan. ke manaaa gitu.

rencananya emang mau ke daerah jakarta yang emang belom pernah gue datengin. sebut saja kota tua. tadinya gue pengen ke sana sendiri. tapi karena gue cerita sama kakak gue yang cewek (vinny), gue dengan spontan nanya dia "mau nemenin gue ga?". kebetulan banget juga dia lagi libur kuliah. OKEEE. akhirnya kita pun caaaww ke sana dengan kendaraan seperti biasa ----> D15 jurusan pamulang - lebak bulus. angkot ini semacam angkutan wajib warga pamulang sih emang.

gue sama vinny berangkat dari rumah jam 09.45. lalalalalalaaaa, sampe di lebak bulus jam 10.00. terus lanjut naik bus 72 ke terminal blok m. lalalallalala, sampe di sana jam 11.00. terus naik busway sampe ke kota dengan estimasi waktu 1 jam juga, jadi sampe jam 12 siang.

coba dah lu bayangin di tengah-tengah kota, jam 12 siang, terik.............JAKARTA ON FIRE GAAANK. panas gilaaaaaxkjkdsfskjvnsjbfhjf. untuk gue bawa topi cap. jadi gapapa. tapi tidak dengan vinny.

cukucuk-kucuk, gue turun dari busway ngelewatin kayak jembatan gitu tapi bentuknya spiral. bagus. dan muncul di sebuah jalan raya yang kalo lu jalan dikit sampe deh di kota tua.

hal pertama yang pengen kita lakuin itu awalnya makan. tapi karena ini baru kunjungan pertama kali (dalam seumur hidup gue dan vinny) akhirnya malah keluah kalimat semacam "liat-liat aja dulu kali yaaaa". biasa deh. kita beli es krim duren sih pas nyampe. harganya tau berapa? 10.000 RUPIAH. mahal sih. bisa dibilang kawasan 'getok harga'. it's ok. kita akhirnya cuma beli satu berdua #yaaagitu.

ada hal unik yang gue temuin di sana


AIR MINUM GRATIS. YANG AOOS.....

sebenernya gak tertarik juga buat ngambil dari situ, karena botol minum gue yang masih penuh.



sambil jalan sambil ngabisin es krimnya.....kita beli cilok. 3000 rupiah dapet 5 pcs. dan ternyata gak enak #krikkrikkrik. tapi ujung-ujungnya diabisin juga........sama vinny wkwkwkw.

lanjut, setelah selesai makan ini dan itu kita memutuskan buat ngunjungin salah satu museum yang ada di situ. yaaaah karena yang paling deket adanya museum wayang jadi datenginnya tempat ini duluan



Sekedar informasi aja sih, semua museum di sini buka dari jam 9 pagi dan tutup jam 3 sore. umumnya juga kalo anak-anak / pelajar 2000 rupiah, mahasiswa 3000 rupiah, dan dewasa 5000 rupiah. nah karena gue lupa ngeluarin kartu pelajar yasudahlah gue jadi diitung mahasiswa.


alhasil masuklah kita ke museum itu. cukup rame, tapi yaaaa standar sih, gak sumpek gitu lah pokoknya. dan di atas itu gue foto pas masih di lorong-lorong depan. gue lupa-lupa nama wayang-wayang ini apa aja. maaf ya gak bisa jelasin #sayabukanguidenyahehe



lanjutt....
ini baru lantai satu. sebelum ke lantai dua, gue sama vinny sholat zuhur dulu di mushola yang ada di museum ini. teruuus di lantai dua ruangannya lebih bagus gitu. adeeem~ ada ac-nya. di sana lu bakal ditunjukin sama wayang-wayang yang terbuat dari kulit. kalo di lantai satu kan wayangnya wayang kayu. kayak ginilah kurang lebiih


DAAAN gue menemukan nama nyokap gue di jajaran "silsilah wayang" yang tertera gede-gede di lantai dua. yeppp... Dewi Hartati


terus gue suka banget motif lantai di museum ini. gue sama kakak gue sampe jongkok-jongkok bacanya. 


nah ini tuh salah satu contohnya. jadi ternyata setiap bagian tubuh dari wayang itu ada jenisnya. sebenernya gak cuma macam-macam jari, tapi sampe hidung, wajah, badan pun juga ada. keren banget sih.


gue sama kakak gue emang agak lama ada di dalem sini. ngitung-ngitung ngadem. dan ternyata di sini memaparkan juga jenis-jenis wayang dari vietnam. terbuat dari kayu. kalo diliat yaaa wayang ini punya ekspresi yang beda banget dari wayang indonesia. karena matanya modelnya sayu. beda sama wayang indonesia yang fierce asik gimana gitu. heee


beda lagi sama yang ini, wayang dari india. keren banget juga woi. gue malah paling suka wayang yang satu ini entah kenapa wkkwkwkwk. gak kalah bagus emang sama wayang kulit indonesia. kerenlah pokoknya.


mulailah kita dengan selfie-selfie takjel bersama dengan wayang hijau ini. gue gak baca filosofinya dan entah dari mana ini berasal, tapi karena dia hijau dan ngejreng yaaaaa......menarik.


dan ini adalah wayang terakhir yang gue liat sama vinny di lantai dua. gue kagum banget sama wayang yang satu ini karena modelnya anyaman gitu. BAGUS DEH POKOKNYA.

akhirnya kita pun turun menuju pintu keluar museum ini. sebelum itu kita melewati semacam lorong gitu, dan di bagian kiri ada banyak karya seni topeng dengan bermacam-macam ekspresi. sebenernya sih lorong itu poin banget. karena luas dan panjang gitu jalannya. jadi di salah gunakan sama gue sama vinny.







ya begitulah gak beres.

dan juga ada wayang yang terpampang di situ plus disoroti lampu kuning jadi makin bagus. hehehe


begitulah perjalanan gue dan vinny di museum wayang. kita pun keluar dan gilaaaajdksjdbcsdhfgs masih panas banget di luar. gue baru inget kalo kita sebenernya tuh laper. jadi kita pun jalan sedikit ke daerah yang banyak tukang jualan dan tempat-tempat makan. ada tempat makan yang membuat gue sama vinny tertarik buat makan di situ. harganya juga relatif murah ternyata. nih diaaaa....


yaaaa. namanya Djakarte Kedai Seni. di dalem sini emang banyak banget kayak pajangan-pajangan lama gitu dan juga kaset-kaset jadul #bisadibilangbegitu. gue di sana makan roti bakar es krim dan di dalemnya ada selai blueberry #YUMMM!!. terus gue juga beli es teh manis gitu. sedangkan kakak gue, dia beli mie siram, sebenernya sih kayak i fu mie gitu. oya yang difoto cuma roti bakar doang, soalnya waktu kakak gue bilang "dek nih mienya mau foto gak?", tapi guenya mager. yaudah.


selesai makan, gue pun minta bill ke kasirnya #biasalahkakakguemanamaumintainbill #magernyasetengahmati. terus gue end up with sosialisasi penduduk. lebih tepatnya diajak becanda sama kakak-kakak yang jaga kasir. mereka bertiga gitu, satu cewek dua cowok. lalalalal mereka tau lah intinya kalau gue lagi bolos sekolah padahal 20 hari lagi bakal UN. terus mereka heran tapi mereka bilang "gapapa". terus mereka bertiga itu ternyata bukan orang jakarta. melainkan orang asli bandung yang ngekos di jakarta, "sering ke kota tua gak? jangan sering-sering ya. gosong.", begitulah kata mereka. yaudah intinya mereka itu anak-anak muda yang semi-semi preman kalau menurut gue. tapi mereka baik. 

selesai makan, kenyang. mulai bego.
vinny dan gue mulai merasakan lagi teriknya matahari yang pas banget ada di atas kepala. hadeeeh. tapi ternyata hal ini gak membuat gue mengurungkan rasa penasaran gue untuk foto sama manusia patung. ya sekali-sekali kek kapan lagi. 


kayak apa yang kalian liat, gue mulai nanya-nanya tentang "komunitas manusia patung" sama bapak ini. ternyata dia baru 3 tahun menggeluti bidang ini. terus dia juga bukan asli jakarta. dia orang bogor. laluuuu.......ada satu kalimat terakhir yang gue inget pas gue nanya "banyak gak yang mau foto sama bapak?", "banyak", dan kemudian dia mulai agak bisik-bisik, "kebanyakan perempuan.", terus gue cuma ketawa-tawa dan akhirnya salaman sama si bapak. bilang makasih, dan caaaw.

abis itu kungjungan selanjutnya adalah museum sejarah jakarta. nah kebetulan karena lagi renovasi, gate buat tiketnya kayak beda gitu, gak di pintu utama. kali ini gue nunjukin kartu pelajar gue, jadi bayarnya cuma 2000 rupiah. kalo vinny tetep 3000. yaaaa lebih murahlah serebu alhamdulillah.


setelah dapet tiket, gue dan vinny mulai jalan menuju pintu utama masuk museum. dan gue kaget banget pas nyampe sana.......BANYAK BANGET ANAK SD-NYAAAA! dan gak cuma itu.........mereke semua bau matahari #mabok. terus pas mau masuk, si penjaganya gini, "mereka dulu ya...", maksudnya dahulukan si anak-anak SD itu dulu. oke gue sih sama vinny sabar-sabar aja. 

tapi gak cuma ituu. tiba-tiba mba-mbanya bilang gini. "sepatunya di buka ya. soalnya lagi renovasi.", alhasil gue dan vinny ngeluarin tampang kebingungan dan gue langsung ngeliat ke sekitar. oooh, emang orang-orang di sini rata-rata pada pake sendal warna oren gitu atau gak banyak juga anak SD yang nyeker #krik. truss yaudah. gue sama vinny malah di kasih sendal dengan model seperti ini.


gue gak bisa gak ngakak pas dapet sendal ini #derp. gue sempet bingung awalnya, "apa hubungannya sama lagi renovasi?!", yasudahlah. mungkin biar bersih.

saking banyaknya anak sd, gue sama vinny udah gak konsen sama apa yang kita liat. main foto-foto aja terus keluar. 





yaaak begitulah kurang lebih. terus gue sama vinny emang pengen cepet-cepet keluar dari situ. sumpek banget gileeeeee.

until finally kita keluar dan menghirup udara segar #gaksegarjugasih. cuma kayak HUAAAAAAAAH bisa napas. tau gak sih, pas di luar malah gue sama vinny lebih banyak narsisnya. macem gini nih







lanjoooot.....
abis itu gue sama vinny mau ke museum terakhir yang ada di situ........ namanya museum seni rupa dan keramik. museum yang satu ini emang jadi destinasi terakhir gue sama vinny karena sepi dan kayaknya menarik #savethebestforthelast. jalan-jalan-jalan-jalan daaan sampaaaaai + beli tiket.


well, museum ini agak lebih modern dibanding meseum-museum sebelumnya yang gue datengin. dia tuh kayak di ruangan depan-depan gitu, namanya ruang "definition of arts" menyediakan fasilitas tv plasma dan ada audionya gitu tentang penjelasan mengenai seni. keren yaaaa. uwaaaa..... trus......ruangannya dingin dan gak sumpek #untungdatenginnyaterakhir


museum ini gak besar sih, itungannya kecil. tapi keren-keren banget. karya yang ada di sini udah pada lama-lama banget. ada yang tahun 1800-an dll.






nah ini tuh baru bagian dalemnya, abis itu gue sama kakak gue keluaaarrr dan ada kayak taman gitu di dalem museum ini terus ternyata di luar cahayanya bagus!!! kayak udah mau jam 3-an gitu kan. eh gue sama vinny malah pretend kita ada di jepang #imbisil





"dek, museumnya udah mau tutup.", begitulah kurang lebih kata bapak-bapak yang jaga museum ini. karena emang kan semua museum tutup jam 3. yasudahlah, beberapa menit setelah bapak itu neriakin gue, kita langsung caw keluarrr. yaaah menurut gue ini museum yang paling bagus entah kenapa di antara tiga museum yang gue sama vinny kunjungin. niceee :D

akhirnya gue sama vinny di luar. tadinya udah mau pulang kan. cuma sore-sore di sini tuh malah bagus!!! dan end up with kita mager pulang, wakakakak. terus ada satu tempat yang emang gue penasaran dari awal.........cafe batavia. gue rasa kalo siang-siang ke sana emang sayang sih, momentnya gak dapet. cafe ini cocoknya emang buat sore-sore sampe rada maleman. cozy gitulah.


kurang lebih tampangnya begini. 

kalo kata cerita orang, tempat ini makanannya #sorry emang rada mahal. untungnyaa hari itu gue jalan sama vinny, kenapa? karena dia satu-satunya orang yang paling bisa gue ajak hedon bareng buat wisata kuliner, nyobain makanan-makanan unik dan kalo mahal dia mau-mau aja lagi. wkwkwkkw, biasalah. memegang teguh prinsip "mumpung ada waktu, ada uang, kenapa gak sekarang?", gitu. #terserahmaunyontohapagak.

di depan, gue sama vinny disambut oleh kakak-kakak perempuan dengan kebaya terus dia biasanya bakal ngajak ke lantai dua langsung, dan di arahin ke tempat duduk yang deket jendela!


di lantai satu emang ada mini stage gitu


pas gue naik tangga mau ke lantai dua, ada banyak frame foto di temboknya. fotonya ya oldish gitu rata-rata

daan...........TARAAAA!!! beginilah suasana lantai dua





gue akui ini tempat emang autentik jaman belanda dan nyaman banget. gue sama kakak gue duduk di pinggir gitu yang deket jendela, jadi bisa liat keluar, ada yang lari-larian, foto-foto, sepedaan. sangat-membuat-bahagia.




gue sama kakak gue mesen makanan. nah sambil nunggu pesenan dateng, gue sholat duluan ke bawah. ada musholanya ternyata. terus pas gue sholat, ternyata kakak yang tadi pake kebaya yang nyambut gue sama vinny itu dia juga sholat. terus pas lagi abis wudhu gitu gue sempet ngobrol dikit. nah, selesai sholat...ngobrol lagi. intinya kakak ini bukan asli jakarta. dia dari tegal, tapi gaya bahasanya juga udah gak berdialek gitu, mungkin karena pengaruh dia kerja di jakarta dan sering ngeladenin tamu bule. "emang kalo di sini sih tamu yang dateng lebih sering orang belanda.", begitu katanya. "ini sih enak lah hari biasa, agak sepi.", terus gue nanya dong kalo hari libur emang kayak apa. "crowded banget kalo lagi hari libur, malah biasanya mejanya suka full dan banyak orang yang ogah waiting list jadi malah pergi lagi,". jadi begitu ternyata...... kakak ini kalo hari libur emang lebih sibuk dari biasanya dan agak sedikit kewalahan gitu.

setelah itu.....gue pun ke atas lagi. ternyata makanan udah dateng.... tapi belom boleh dimakan karena gue ganti-gantian sholatnya sama vinny. pas dia selesai sholat. langsung deh....HAP!


lychee ice tea


chiongfen udang + apple pie ala mode

oke biar gue jelaskan. makanan-makanan ini...........gue sampe nambah yang chingfen udang. ENAK BANGET GILAKXXX...........harga berbicara sob....... dan gue saranin kalo makan apple pie berdua ya. itu ngenyangin banget. untuk teh leci, itu enak banget juga loh. jadi tehnya itu (gue gatau apa namanya) yang pasti teh tradisional jadi lebih wangi dan ya enak aja ditambah leci #maafkalopenjelasannyatidakjelas. chiongfen udang itu semacam hakao, kayak dia tuh luarnya kayak kue beras lembut gitu, dan di dalemnya ada udang gitu. dan ada kuahnya kan......rasanya kurang lebih kayak kuah tempura, tapi tetep ada bedanya gitu. SO DELICIOUSOOOOO!!!! trus apple pienya seperti apa yang gue bilang tadi - porsinya besar. eskrimnya itu di bawahnya ada kayak pie renyah gitu, dan renyahnya tuh....enak. sumpah. 

LOVELY! YAP! MAKANAN DI SINI SANGAT LOVELY! TEMPATNYA JUGA. pewe sekali saudaraa.....





nah abis gue makan di situ. gue pun keluar sama kakak gue, sekitar jam 5 sorean. ternyata suasanya makin heartwarming. 

like this..........





yah begitulah kurang lebih. sampe akhirnya jam menunjukkan pukul 17.30, gue sama vinny siap-siap buat pulang......jadi kita ninggalin tempat ini, menuju halte busway, dan pulaaaaang!!

huffff akhirnya selesai juga nulisnya.

intinya gue orang jakarta dan baru tau ada tempat bagus di sana. instead of ke mall gitu.......gue suka banget masih ada museum-museum yang sebenernya sangat layak dikunjungi.

well mau mengucapkan terima kasih kepada partner setia ------ Vinny Asrita Rahma. pesen ane, ente jangan hedon-hedon.

secarik kertas dari sono

Rabu, 18 Maret 2015



No comments:

Post a Comment